Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbantuan GeoGebra Geometri pada materi transformasi serta untuk mengetahui kualitas LKPD yang dikembangkan berdasarkan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini didasarkan pada model pengembangan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Kota Jambi pada tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah tim ahli materi, ahli media, dan guru yang akan melalukan validasi terhadap produk yang di buat, kemudian subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Kota Jambi . Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket validasi desain bahan ajar, angket validasi materi, angket penilaian guru, angket penilaian siswa soal tes hasil belajar siswa, dan media itu sendiri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbantuan GeoGebra Geometri yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian angket validasi desain dan materi dengan persentase nilai masing-masing adalah 85,7% (sangat valid) dan 94,3% (sangat valid), kriteria kepraktisan berdasarkan angket penilaian guru dan siswa dengan persentase nilai masing-masing adalah 82,2% (praktis) dan 82,1% (praktis), serta kriteria keefektifan berdasarkan tes hasil belajar siswa dengan peningkatan n-gain nilai pre-test terhadap nilai post-test sebesar 0,54 yang termasuk dalam kategori sedang (0,3≤g<0,7), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbantuan GeoGebra Geometri ini memiliki kualitas yang baik sesuai dengan pendapat Nieveen bahwa bahan ajar yang baik memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah tim ahli materi, ahli media, dan guru yang akan melalukan validasi terhadap produk yang di buat, kemudian subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Kota Jambi . Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket validasi desain bahan ajar, angket validasi materi, angket penilaian guru, angket penilaian siswa soal tes hasil belajar siswa, dan media itu sendiri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbantuan GeoGebra Geometri yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian angket validasi desain dan materi dengan persentase nilai masing-masing adalah 85,7% (sangat valid) dan 94,3% (sangat valid), kriteria kepraktisan berdasarkan angket penilaian guru dan siswa dengan persentase nilai masing-masing adalah 82,2% (praktis) dan 82,1% (praktis), serta kriteria keefektifan berdasarkan tes hasil belajar siswa dengan peningkatan n-gain nilai pre-test terhadap nilai post-test sebesar 0,54 yang termasuk dalam kategori sedang (0,3≤g<0,7), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbantuan GeoGebra Geometri ini memiliki kualitas yang baik sesuai dengan pendapat Nieveen bahwa bahan ajar yang baik memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.
Posting Komentar
Posting Komentar