Pengembangan Buku Ajar IPA Berkonteks Kearifan Lokal Jambi dengan Pendekatan SETS Kelas VII Semester 1

Posting Komentar
Pengembangan Buku Ajar IPA Berkonteks Kearifan Lokal Jambi dengan Pendekatan SETS Kelas VII Semester 1: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M. Si., (II) Fibrika Rahmat Basuki, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: pengembangan, buku ajar, kearifan lokal, SETS Muatan lokal merupakan bahan kajian pada satuan pendidikan yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal yang dimaksudkan untuk membentuk pemahaman peserta didik terhadap keunggulan dan kearifan di daerah tempat tinggalnya. Salah satu bentuk dari muatan lokal yaitu buku teks pelajaran atau buku ajar berkonteks kearifan lokal. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk buku ajar IPA berkonteks kearifan lokal Jambi dengan pendekatan SETS kelas VII semester 1.
Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat respon siswa terhadap buku ajar IPA berkonteks kearifan lokal Jambi dengan pendekatan SETS kelas VII semester 1. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate (ADDIE). Namun, pada penelitian ini hanya sebatas pada tahapan Analyze, Design, Development. Sedangkan tahapan Evaluation dan Implementation tidak dilakukan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 7 Muaro Jambi pada Oktober 2018 sampai Februari 2019. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN 7 Muaro Jambi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket studi pendahuluan, angket kebutuhan siswa dan guru, angket validasi ahli materi, ahli media serta angket persepsi siswa. Hasil penelitan menunjukkan bahwa produk buku ajar yang dikembangkan berupa buku yang memiliki ukuran A4 (210 x 297 cm). Pada buku ajar yang dikembangkan hanya difokuskan pada bidang ilmu fisika kelas VII semester 1 yaitu objek IPA dan pengamatannya, suhu dan perubahannya, serta kalor dan perpindahannya. Selain itu produk buku ajar pada setiap materinya diintegrasikan pada kearifan lokal Jambi. Berdasarkan didapatkan hasil persepsi siswa mengenai buku ajar IPA berkonteks kearifan lokal Jambi dengan pendekatan SETS kelas VII semester 1 yang dikembangkan amat baik. Hal ini diperoleh dari skor indikator penyajian materi yaitu 4,286. Indikator kebahasaan sebesar 4,222 dan indikator tampilan sebesar 4,330. Berdasarkan indikator-indikator tersebut didapatkan rata-rata keseluruhan yaitu sebesar 4,279. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan maka dapat disarankan bahwa perlu adanya pengembangan lebih lanjut terhadap produk buku ajar IPA berkonteks kearifan lokal Jambi dengan cakupan yang lebih luas. Serta perlunya penambahan evaluasi soal yang beragam.
Amirunnizam
Expert Graphics Designer and Education Enthusiast. Hehe, yaa, karena aku seorang Sarjana Pendidikan di bidang Matematika dan ketertarikanku pada pendidikan sama besarnya dengan ketertarikanku pada rancang grafis (Graphics Design). Ya walaupun di sini aku tidak menulis tentang dua hal itu, sih. Hehe.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Langganan Matematikasik