Matematikasik dengan Game

Posting Komentar

Game merupakan hal menarik bagi anak anak, bahkan lebih menarik dari prlajaran. Kali ini kita akan mencoba membuat game matematika sederhana sehingga dapat menarik bagi anak anak.

1. Alat / Bahan
  • Arduino IDE                                   Download disini
  • Library: LiquidCrystal_I2C             Download disini
  • Library: Keypad                             Download disini
  • Arduino UNO                                 1 Buah
  • Project Board                                 1 Buah
  • Kabel Jumper                                 Secukupnya

Untuk mendapatkan komponen elektronik di atas silahkan temukan disini.

2. Skema Rangkaian

Gambar Rangkaian Membuat Game Matematika Sederhana dengan Keypad + LCD

Keterangan:

  • 5V – VCC I2C
  • GND – GND I2C
  • SDA – SDA I2C
  • SCL – SCL I2C
  • D2 – R1
  • D3 – R2
  • D4 – R3
  • D5 – R4
  • D6 – C1
  • D7 – C2
  • D8 – C3
  • D9 – C4
3. Langkah Kerja
  1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
  2. Lakukan proses wiring dengan menggunakan Gambar skematik rangkaian diatas
  3. Buka software Arduino IDE yang telah terinstal pada laptop/komputer
  4. Unduh semua library di atas dan masukkan libray tersebut dengan cara buka Arduino IDE pilih Sketch->Include Library->Add.Zip Library 
  5. Ketikkan sketch program pada halaman Arduino IDE
  6. Masukan alamat I2C LCD pada sketch program, untuk mengetahui alamat I2C pelajari materi berikut:
    Mencari Tahu Alamat I2C Pada Modul I2C
  7. Untuk memahami cara kerja program keypad, pelajari materi berikut:
    Membaca Input Keypad 4×4
  8. Lakukan proses uploading program
4. Sketch Program

Dapatkan akses ratusan video tutorial dan pembelajaran dengan registrasi melalui tombol di bawah!

01/* Program Membuat Game Matematika Sederhana dengan Keypad + LCD dibuat oleh Indobot */
02 
03#include <Keypad.h>                 //Library keypad
04#include <LiquidCrystal_I2C.h>      //Library LCD I2C
05LiquidCrystal_I2C lcd(0x27,16,2);   //Masukkan type dan alamat I2C
06 
07const byte ROWS = 4;                //Inisialisasi jumlah baris
08const byte COLS = 4;                //Inisialisasi jumlah kolom
09 
10char Keys[ROWS][COLS] = {           //Map tombol keypad
11  {'1','2','3','A'},
12  {'4','5','6','B'},
13  {'7','8','9','C'},
14  {'*','0','#','D'}
15};
16 
17byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};  //Deklarasi pin baris
18byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};  //Deklarasi pin kolom
19 
20Keypad customKeypad = Keypad( makeKeymap(Keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);  //input parameter keypad
21 
22char customKey;     //Variabel untuk menampung input keypad
23float angka;
24 
25void setup() {
26  lcd.init ();              //Mulai LCD
27  lcd.setBacklight(HIGH);   //Set backlight HIGH
28}
29 
30void loop() {
31  int angka1 = random(0,1000);    //Buat angka random antara 0 - 1000
32  int angka2 = random(0,1000);
33  int hasil = angka1 + angka2;
34 
35  lcd.setCursor(0,0);             //Tampilan LCD
36  lcd.print(angka1);     
37  lcd.print(" + ");
38  lcd.print(angka2);
39  lcd.print(" = ");
40   
41  ulang:
42  customKey = customKeypad.getKey();  //Baca input keypad
43   
44  switch(customKey){                  //Jika
45    case '0' ... '9':                 //Nilai 0 - 9, maka
46      if(angka <= 9999){
47        lcd.setCursor(0,1);
48        angka = angka * 10 + (customKey - '0');
49        lcd.print(angka, 0);               //Tampilkan angka
50      }
51    break;
52 
53    case '*':                     //Untuk menghapus
54      angka = 0;
55      lcd.setCursor(0,1);
56      lcd.print("          ");
57    break;
58 
59    case '#':                     //Untuk mengirim
60      goto cek;
61    break;
62  }
63  goto ulang;
64 
65  cek:
66  lcd.clear();
67  if(angka == hasil){             //Pengecekan hasil
68    lcd.setCursor(0,0);
69    lcd.print("     Benar");
70    lcd.setCursor(0,1);
71    lcd.print("   *|(^.^)|*");
72  }
73  else{
74    lcd.setCursor(0,0);
75    lcd.print("     Salah");
76    lcd.setCursor(0,1);
77    lcd.print("   --(X.X)--");
78  }
79  angka = 0;
80  delay(3000);
81  lcd.clear();
82}

Kesimpulan:

Ketika memulai game matematika ini, Game akan mulai membuat angka random berupa penjumlahan kemudian kita perlu menjawab penjumlahan tsb. Setelah itu jawaban akan di cek oleh sistem jika jawaban benar LCD akan menampilkan peringatan benar dan salah maka peringatan salah yang akan muncul.

Terima kasih :) Semoga bermanfaat…

Komentar ya….boleh isinya atau gaya tulis saya…

Komunikasi lebih lanjut, hubungi kami :)

sumber: indobot.co.id

Amirunnizam
Expert Graphics Designer and Education Enthusiast. Hehe, yaa, karena aku seorang Sarjana Pendidikan di bidang Matematika dan ketertarikanku pada pendidikan sama besarnya dengan ketertarikanku pada rancang grafis (Graphics Design). Ya walaupun di sini aku tidak menulis tentang dua hal itu, sih. Hehe.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Langganan Matematikasik